TY - JOUR A1 - Puspita N., W. Diana PB - Fakultas Ekonomi UNY N2 - Kebijakan pemerintah membuka program Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015 berpengaruh pada penyerapan tenaga kerja. Warga Negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN bebas menjadi tenaga kerja di negara-negara yang menjadi anggota ASEAN. Pendidikan menghadapi tantangan yang signifikan. Tantangan tersebut berhubungan dengan bagaimana menghasilkan lulusan akuntansi yang memiliki kompetensi sesuai dengan kompetensi yang dituntut oleh orang-orang yang mempekerjakan mereka (Frederickson, 1995). Oleh sebab itu, kompetensi lulusan warga Negara Indonesia menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan para penyelenggara pendidikan khususnya bidang akuntansi. Di bawah pengaruh globalisasi dan ekspansi teknologi yang sedang berjalan, banyak sarjana percaya bahwa ada perbedaan yang jelas antara penyedia pendidikan akuntansi (guru dan siswa) dan demanders (akuntansi perusahaan yaitu perusahaan bisnis) (Cheng, 2007). Dalam kenyataan di lapangan telah terjadi perbedaan harapan antara penyedia pendidikan akuntansi dan demanders pendidikan yaitu perusahaan. Penyedia akuntansi mempersiapkan alumni agar memiliki kompetensi yang diharapkan demanders, namun kenyataannya tidak sesuai dengan harapan demanders. Langkah yang dilakukan oleh penyelenggara pendidikan akuntansi adalah dengan mendesain kurikulum yang sesuai dengan harapan perusahaan. JF - Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA" Y1 - 2015/06/29/ UR - http://eprints.uny.ac.id/21938/ ID - UNY21938 TI - PERANAN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN AKUNTANSI DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN AV - public ER -