%0 Journal Article %A Sholikha, Siti Mazilatus %A -, %D 2015 %F UNY:21923 %I Fakultas Ekonomi UNY %J Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA" %T PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI %U http://eprints.uny.ac.id/21923/ %X Perbaikan mutu peserta didik merupakan hal yang penting dalam mencapai tujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Penguatan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 dilakukan melalui pendekatan saintifik yang dianggap cukup efektif dalam menciptakan peserta didik yang berkarakter dan kreatif. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknologi informasi dalam pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi. Pada sisi lain, penggunaan Teknologi Informasi dapat mendukung proses pembelajaran ekonomi dengan pendekatan tersebut. Berdasarkan pada beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, penerapan teknologi informasi dalam pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi dapat diaplikasikan melalui media animasi film, internet, maupun berbagai macam data yang diperoleh dari berbagai sumber penelitian. Penerapan teknologi informasi tersebut terbukti efektif dalam mempermudah para pendidik dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan memudahkan para siswa dalam memahami pembelajaran ekonomi