@phdthesis{UNY21888, year = {2015}, school = {PGSD}, author = {Yohana Syafitri}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS II SD NEGERI GEMBONGAN, SENTOLO}, month = {June}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa materi penjumlahan dan pengurangan melalui penggunaan media benda konkret pada siswa kelas II SD Negeri Gembongan, Sentolo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas II SD Negeri Gembongan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Gembongan yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan serta satu guru kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri Gembongan. Peningkatan kemampuan berhitung siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Data hasil tes menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas pra tindakan adalah 59,96. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,46, kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,29. Ditandai adanya 20 siswa atau 83\% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ? 65. Persentase nilai keaktifan siswa pada siklus I adalah 68\%, kemudian pada siklus II persentase nilai keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu 90\%. Kenaikan presentase nilai keaktifan siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 22\%. Kata Kunci : Kemampuan berhitung, media benda konkret.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/21888/} }