%0 Thesis %9 S1 %A Yuliana, Tri %B Pendidikan Bahasa Perancis %D 2013 %F UNY:21840 %I Fakultas Bahasa dan Seni %K penyimpangan prinsip kerja sama, teks drama %T PENYIMPANGAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM TEKS DRAMA LE ROI SE MEURT KARYA EUGENE IONESCO %U http://eprints.uny.ac.id/21840/ %X Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengidentifikasi jenis penyimpangan prinsip kerja sama, dan (2) mendeskripsikan implikatur yang terkandung dalam setiap jenis penyimpangan prinsip kerja sama dalam teks drama Le Roi Se Meurt. Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif kualitattif. Subyek penelitian ini adalah seluruh dialog berupa kata, kelompok kata, dan kalimat yang terdapat dalam teks drama Le Roi Se Meurt. Obyek penelitian ini adalah seluruh penyimpangan prinsip kerja sama yang terdapat dalam teks drama Le Roi Se Meurt. Data penelitian ini adalah seluruh dialog berupa kalimat yang mengandung penyimpangan prinsip kerja sama yang terdapat dalam teks drama Le roi Se Meurt. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik SBLC. Penganalisisan data menggunakan metode padan referensial dan padan pragmatis. Penggunaan teknik dalam metode ini adalah teknik pilah unsur penenetu (PUP) sebagai teknik dasar dan teknik hubung banding menyamakan (HBS) sebagai teknik lanjutan. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas pragmatis. Reliabilitas penelitian ini menggunakan reliabilitas intra-reter dan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyimpangan prinsip kerja sama dalam teks drama Le Roi Se Meurt terdiri dari 5 jenis penyimpangan prinsip kerja sama yaitu (a) penyimpangan maksim kuantitas (50 tuturan), (b) penyimpangan maksim kualitas (15 tuturan), (c) penyimpangan maksim hubungan (12 tuturan), (d) penyimpangan maksim cara dan maksim kuantitas (7 tuturan), dan (e) penyimpangan maksim cara dan maksim hubungan (1 tuturan). Tokoh dalam penelitian ini yang sering melakukan penyimpangan terhadap prinsip kerja sama yaitu tokoh le roi dan Marguerite. 2) implikatur yang terkandung dalam penyimpangan prinsip kerja sama sebanyak 16 yaitu dengan maksud (a) memperjelas informasi, (b) berperilaku sopan, (c) menolak permintaan, (d) menyanggah, (e) menyatakan rasa marah, (f) membela diri, (g) menyatakan permohonan, (h) membenarkan, (i) menutupi informasi, (j) mencairkan suasana, (k) mengalihkan pembicaraan, (l) mengejek, (m) menyatakan kekaguman, (n) memperburuk situasi, (o) memperjelas informasi dengan berperilaku sopan, (p) menolak permintaan dengan berperilaku sopan, dan (q) mencairkan suasana dengan berperilaku sopan.