TY - THES ID - UNY21823 Y1 - 2015/05/25/ AV - restricted A1 - Umami, Risa PB - FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TI - PROSES LAYANAN FISIOTERAPI BAGI ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul, 2) kendala yang dihadapi fisioterapis dalam melaksanakan fisioterapi, 3) upaya fisioterapis dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam melaksanakan fisioterapi, 4) peran guru dalam layanan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu fisioterapis, guru dan anak tunadaksa di SLB Negeri 1 Bantul. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan memperpanjang waktu tinggal/keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi (sumber dan metode). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1). prosedur pelaksanaan layanan fisioterapi belum dilaksanakan secara maksimal, 2). fisioterapis menghadapi berbagai kendala dalam melaksanakan layanan fisioterapi baik yang berasal dari fisioterapis sendiri, anak maupun lingkungan, 3). beberapa upaya dilakukan oleh fisioterapis untuk mengatasi kendala yaitu berdiskusi dengan fisioterapis ahli dan dokter, bekerja sama dengan wali murid, memberi saran kepada orang tua, porsi pemijatan dikurangi. dengan sedikit paksaan, melakukan penyinaran lebih lama, bersikap hati-hati dan orangtua diminta untuk terbuka dan jujur, 4). guru sudah berperan dalam layanan fisioterapi tetapi belum maksimal. Selain itu, hasil penelitian menunjukan layanan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul dapat memperbaiki kondisi fisik anak tunadaksa dan memberi pengaruh pada pembelajaran di dalam kelas. Namun, layanan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul belum diberikan secara ideal sehingga masih perlu diperbaiki. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/21823/ ER -