TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/21819/ AV - restricted TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UPIN IPIN TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL ID - UNY21819 M1 - skripsi PB - FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN A1 - Alviani, Oktafian N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh media gambar Upin Ipin terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa Cerebral Palsy tipe spastik dalam pembelajaran Matematika kelas III di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-BA. Subyek penelitian yaitu seorang anak Cerebral Palsy kelas III SD . Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes dan panduan observasi yang digunakan selama fase intervensi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kemampuan penjumlahan mengalami peningkatan keberhasilan dalam mengerjakan soal pada fase baseline-1 (A), intervensi (B), dan baseline-2 (A?). Hal ini dapat di lihat dari perolehan skor anak yang menunjukkan peningkatan ketika di laksanakan tahaptahap penelitian mulai dari tahap baseline 1, tahap intervensi dan tahap baseline 2. Peningkatan kemampuan penjumlahan signifikan, ditunjukkan dengan perolehan skor yang meningkat hingga 20 poin pada pertemuan pertama baseline 1 yaitu 46 menjadi 66 pada pertemuan terakhir baseline 2. Y1 - 2015/05/25/ ER -