@phdthesis{UNY21817, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE KELOMPOK BELAJAR BERBASIS SOSIOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA}, author = {Mutiara Shari Sintaningrum}, month = {February}, year = {2013}, school = {Fakultas Bahasa dan Seni}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan keterampilan berbicara berbahasa Prancis yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode kelompok belajar berbasis sosiometri dengan kelompok belajar tanpa pengelompokan dengan sosiometri pada siswa kelas XI di SMA N 9 Yogyakarta.(2) Mengetahui tingkat keefektifan pengajaran keterampilan berbicara dengan metode kelompok belajar yang berbasis sosiometri untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan dua variabel, yaitu variabel bebas (X) Penggunaan metode kelompok belajar berbasis sosiometri dan variabel terikat (Y) kemampuan berbicara bahasa Perancis. Pengambilan sampel dilakukan selama 5 minggu mulai dari 16 juli hingga 6 agustus 2012, dengan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes wawancara. Pada penelitian ini ada dua macam data yaitu (a) data pre-test dan (b) data post- test dengan 10 butir pertanyaan ditambah dengan satu tugas tambahan. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Croanbach dengan bantuan komputer program SPSS 15. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t. Sedangkan tehnik analisis yang digunakan untuk menguji keefektifan metode sosiometri menggunakan rumus Gain score {\ensuremath{<}}g{\ensuremath{>}}. Hasil perhitungan reliabilitas adalah 0,745 yang telah diujikan di kelas XI IPA 3 atau kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung sebesar 6,944 dengan db = 47 yang kemudian dikonsultasikan pada nilai t-tabel dengan taraf signifikansi 5\% yaitu sebesar 2,0117. Menunjukan nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel (thit 6,944 {\ensuremath{>}} ttab 2,0117), diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan untuk keefektifan media menunjukkan nilai gain score sebesar 0,309 yang termasuk dalam kriteria 0, 7 {\ensuremath{>}} ({\ensuremath{<}}g{\ensuremath{>}}) {\ensuremath{<}} 0, 3 = sedang, dapat diartikan bahwa penggunaan metode kelompok belajar berbasis sosiometri dalam pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Perancis lebih efektif dibanding dengan pengelompokan jenis lain.}, keywords = {sosiometri, berbicara bahasa prancis}, url = {http://eprints.uny.ac.id/21817/} }