%D 2013 %I UNY %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE APPLICATION MENGGUNAKAN FLASH LITE 2.0 PADA MATA DIKLAT BATERAI UNTUK SISWA KELAS X SEMESTER I BIDANG KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %L UNY21804 %A Mubarok Yusron %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran siswa, mengembangan media pembelajaran, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis mobile application menggunakan Flash Lite 2.0 pada mata diklat baterai untuk siswa kelas X semester I bidang keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muh. 3 Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis mobile application menggunakan Flash Lite 2.0 pada mata diklat baterai untuk siswa kelas X semester I bidang keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian identifikasi media pembelajaran didapatkan (a) Jenis teks “Times New Roman”, (b) Ukuran teks “15 pt”, (c) Warna teks “Mengikuti Background”, (d) Tata letak teks “Rata Kanan Kiri”, (e) Letak gambar pendukung “Pada Bagian Atas”, (f) Warna background “Biru Muda”, (g) Keterangan tombol “Berbentuk Teks”, (h) Jenis animasi tombol “Animasi Gerak”, (i) Jenis musik backsound “Regee”, (j) Efek suara tombol “Klik”. Semua data tersebut dapat dimasukkan dalam media kecuali nomor 9 yaitu musik backsound, hal ini berdasarkan hasil diskusi pengembang, guru, dan dosen pembimbing. Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile application menggunakan Flash Lite 2.0 pada mata diklat Baterai terdiri dari (a) desain produk, (b) pengumpulan bahan produk, (c) pembuatan produk, (d) penilaian desain produk, (e) revisi desain produk, (f) Uji coba produk, (g) revisi produk. Kelayakan media pembelajaran berbasis mobile application menggunakan Flash Lite 2.0 pada mata diklat Baterai secara keseluruhan dikategorikan sangat layak, sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk proses belajar mengajar. %K media pembelajaran, Mobile Application, Baterai