<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI"^^ . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI\r\nYulia Hidayat\r\nNIM. 09513242007\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) motor activities siswa pada\r\npembelajaran membatik menggunakan model kooperatif metode jigsaw di SMK\r\nMuhammadiyah 1 Imogiri, 2) peningkatan motor activities siswa yang terjadi\r\npada pembelajaran membuat batik dengan materi hiasan dinding menggunakan\r\nmodel kooperatif metode jigsaw di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri.\r\nPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan\r\ndesain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan\r\nprosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi.\r\nPenelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri dengan subjek\r\npenelitian adalah 25 siswa pada kelas X Busana Butik. Metode pengumpulan data\r\nmenggunakan lembar observasi motor activities, lembar observasi metode\r\npembelajaran dan lembar penilaian unjuk kerja. Uji validitas berdasarkan\r\npendapat dari para ahli (judgement expert), yaitu ahli model pembelajaran, ahli\r\nmateri, dan guru muatan lokal membatik. Hasil validasi menunjukkan bahwa\r\nlembar obervasi motor activities dan model yang digunakan sudah layak dan\r\ninstrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus antar rater\r\ndengan skor 4 pada lembar observasi motor activities, 4 pada lembar observasi\r\nmodel pembelajaran, 9 pada lembar materi, dan 4 pada lembar penilaian unjuk\r\nkerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase.\r\nHasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti\r\nberkolaborasi dengan guru, tahap tindakan guru melakukan pembelajaran\r\nmembuat batik dengan materi hiasan dinding menggunakan model kooperatif\r\nmetode jigsaw, pengamatan dilakukan terhadap motor activities siswa dan unjuk\r\nkerja siswa, selanjutnya tahap refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan pada\r\nsiklus sebelumnya, sehingga pembelajaran membuat batik pada siklus berikutnya\r\nakan berjalan lebih baik. Peningkatan motor activities berdasarkan kriteria\r\nketuntasan yaitu sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 4% atau 1 siswa\r\ndengan kategori sangat tinggi, 8% atau 2 siswa dengan kategori tinggi, 12% atau 3\r\nsiswa dengan kategori rendah, dan 76% atau 19 siswa dengan kategori sangat\r\nrendah, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama motor activities siswa\r\nmeningkat menjadi 12% atau 3 siswa dengan kategori sangat tinggi, 48% atau 12\r\nsiswa dengan kategori tinggi, 36% atau 9 siswa dengan kategori rendah, dan 4%\r\natau 1 siswa dengan kategori sangat rendah, dan setelah tindakan pada siklus\r\nkedua motor activities siswa mencapai 84% atau 21 siswa dengan kategori sangat\r\ntinggi, 16% atau 4 siswa dengan kategori tinggi, dan berarti seluruh siswa sudah\r\nmemenuhi kriteria ketuntasan. Dalam pembelajaran membuat batik menggunakan\r\nmodel kooperatif metode jigsaw dapat membantu siswa memahami materi serta\r\nadanya peningkatan motor activities siswa dalam membuat batik dengan materi\r\nhiasan dinding yang dibuktikan dengan 75% dari siswa mencapai kategori tinggi .\r\nUraian di atas menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif metode jigsaw\r\ndapat meningkatkan motor activities siswa dalam pembelajaran membuat batik\r\ndengan materi hiasan dinding.\r\nKata Kunci : motor activities, membuat batik hiasan dinding, model kooperatif"^^ . "2015-06-29" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Hidayat"^^ . "Yulia"^^ . "Hidayat Yulia"^^ . . . . . . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI (Text)"^^ . . . "Yulia Hidayat 09513242007.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN\r\nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE\r\nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21797 \n\nPENINGKATAN MOTOR ACTIVITIES PADA PEMBELAJARAN \nMEMBATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF METODE \nJIGSAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Boga dan Busana" . .