<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA\r\nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2\r\nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I\r\nSLEMAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa\r\ntunarungu kelas 2 di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman melalui media rantai huruf.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan\r\ndesain penelitian model Kemmis dan McTaggart. Subjek yang digunakan dalam\r\npenelitian yaitu siswa tunarungu kelas 2 berjumlah 3 orang. Objek penelitian ini\r\nadalah penguasaan kosakata benda. Pengumpulan data dilakukan dengan tes\r\npenguasaan kosakata, observasi partisipasi siswa dan dokumentasi. Analisis data\r\nyang digunakan adalah teknik komparatif yaitu membandingkan hasil pra\r\ntindakan dengan setelah dilakukan tindakan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media rantai huruf dapat\r\nmeningkatkan penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 2 di SLB Wiyata\r\nDharma 1, Sleman. Subjek NP: 65,22 pada tes kemampuan awal, 78,26 pada tes\r\npasca tindakan siklus I dan 91,30 pada tes pasca tindakan siklus II. Subjek MUN:\r\n47,83 pada tes kemampuan awal, 65,22 pada tes pasca tindakan siklus I dan 86,95\r\npada tes pasca tindakan siklus II. Subjek WS: 20,29 pada tes kemampuan awal,\r\n34,78 pada tes pasca tindakan siklus I dan 69,57 pada tes pasca tindakan siklus II.\r\nTindakan pada Siklus I dilakukan dengan memperlihatkan gambar, nama gambar\r\ndan permainan media rantai huruf yaitu siswa pertama menentukan kata benda\r\npertama dan siswa selanjutnya menentukan kata benda berdasarkan huruf terakhir\r\npada kata sebelumya. Pada siklus II pembelajaran hampir sama seperti siklus I\r\ntetapi permainan dimodifikasi dengan menempelkan kosakata yang dibentuk\r\nsesuai rantai huruf pada kertas yang telah disiapkan guru dan memilih gambar\r\nyang tepat secara bergantian. Setelah dilaksanakan tindakan, semua siswa\r\nmengalami peningkatan dan mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)\r\nsehingga guru memberikan reward atas hasil belajar, partisipasi, antusias,\r\nkeaktifan, motivasi belajar dan perhatian siswa yang baik dalam mengikuti semua\r\nlangkah pembelajaran."^^ . "2015-04-25" . . . "FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . "PENDIDIKAN LUAR BIASA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . . . "Tutik"^^ . "Saniatin Zahro"^^ . "Tutik Saniatin Zahro"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA\r\nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2\r\nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I\r\nSLEMAN (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA\r\nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2\r\nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I\r\nSLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA\r\nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2\r\nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I\r\nSLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA\r\nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2\r\nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I\r\nSLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA\r\nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2\r\nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I\r\nSLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA\r\nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2\r\nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I\r\nSLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21788 \n\nPENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA \nRANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2 \nDI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I \nSLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .