TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/21772/ TI - ANALISIS KESALAHAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 PANDAAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012 AV - public KW - analisis kesalahan berbicara KW - bahasa prancis M1 - skripsi ID - UNY21772 PB - Fakultas Bahasa dan Seni A1 - Rosiana, Agnes Andryani Y1 - 2013/04/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Jenis-jenis kesalahan berbicara bahasa Prancis yang dilakukan oleh siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan. 2) Jenis kesalahan berbicara yang paling sering mereka lakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan yang sedang berdialog berpasangan. Obyek yang diteliti adalah kesalahan berbicara yang dilakukan oleh Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu oleh alat perekam dan catatan lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SLBC), teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan berbicara bahasa Prancis yang dilakukan siswa. Validitas data yang digunakan adalah validitas expert judgement, sedangkan realibilitas data diperoleh dengan uji realibilitas interrater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kesalahan berbicara yang dilakukan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pandaan, yaitu kesalahan pelafalan sebanyak 34,8%, kesalahan diksi sebanyak 8%, pengucapan yang samar-samar sebanyak 2,1%, pengungkapan pikiran yang kurang jelas sebanyak 8%, dan kesalahan tata bahasa sebanyak 46,8%; 2) kesalahan berbicara yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah kesalahan tata bahasa yaitu sebanyak 46,8%. ER -