@phdthesis{UNY21752, author = {Raeni Dwi Nur}, year = {2014}, title = {MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA N 1 TELADAN YOGYAKARTA}, school = {UNY}, abstract = {Berbagai kasus yang menunjukan degradasi moral bangsa Indonesia menjadi sorotan pentingnya perbaikan karakter bangsa ini. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu ditanamkan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat demi kebaikan karakter generasi bangsa Indonesia. SMA N 1 Teladan Yogyakarta mengaplikasikan pendidikan karakter supaya menghasilkan output yang tidak sekedar mahir dalam bidang keilmuan, tetapi juga memiliki bekal karakter yang baik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) mengetahui pendidikan karakter di SMA N 1 Teladan Yogyakarta; (2) mengetahui model pendidikan karakter dalam proses pembelajaran kelas XI SMA N 1 Teladan Yogyakarta; (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran sejarah kelas XI di SMA N 1 Teladan Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dua orang guru sejarah dan enam orang siswa kelas XI SMA N 1 Teladan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (a) pendidikan karakter diterapkan di SMA N 1 Teladan Yogyakarta secara komprehensif, yaitu teraplikasi dalam semua aktifitas kegiatan sekolah dan terintegrasi dalam semua mata pelajaran, serta diimplementasikan melalui program mentoring yang wajib diikuti oleh siswa kelas X yang beragama Islam; (b) pendidikan karakter yang diterapkan dalam pembelajaran sejarah di kelas XI SMA N 1 Teladan Yogyakarta menggunakan model refleksi, model diskusi dan pelibatan siswa, model keteladanan dan pengalaman langsung yang pelaksanaannya dalam pembelajaran disusun dengan berbagai metode baik dengan metode debat, diskusi kelompok, pemutaran film, permainan, dan sosio drama yang menekankan enam karakter, yaitu disiplin, toleransi, rasa ingin tahu, tanggung jawab, mandiri dan semangat kebangsaan; (c) faktor pendukung penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di kelas XI, antara lain: sarana dan prasarana yang memadai, metode pembelajaran yang digunakan guru, input siswa dan kultur sekolah, sedangkan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di kelas XI, yaitu waktu yang terbatas terutama untuk program IPA. Kata kunci: model, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/21752/} }