<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION\r\nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL\r\nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA\r\nWIYATA DHARMA I TEMPEL"^^ . "Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran\r\nPortable Articulation Mirror (PAM) terhadap kemampuan bicara huruf bilabial pada\r\nanak tunarungu kelas 1-A di SLB Wiyata Dharma 1 Tempel.\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan\r\npendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest\r\nDesign. Subjek penelitian adalah 3 anak tunarungu kelas I-A. Data diperoleh dengan\r\nmenggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes\r\nmengeluarkan suara dan panduan observasi pembentukan huruf. Analisis data yang\r\ndigunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji nonparametrik. Data yang\r\ndiperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan\r\ndengan bentuk tabel dan grafik kemudian dilanjutkan uji nonparametrik tes\r\nWilcoxon.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan bicara subjek\r\nmengalami perubahan yang lebih baik setelah perlakuan dengan media Portable\r\nArticulation Mirror (PAM) dibanding sebelum perlakuan, yang dapat dilihat dari\r\nperolehan skor pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan\r\nmedia Portable Articulation Mirror (PAM) berpengaruh terhadap kemampuan bicara\r\nhuruf bilabial anak tunarungu. Pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan bicara\r\nhuruf bilabial tersebut dapat ditunjukkan dengan perubahan capaian skor rata-rata\r\nketiga subjek saat pre-test memperoleh skor 36 dengan presentase 37,5%. Sedangkan\r\nrata-rata perolehan skor saat post-test ketiga subjek mencapai skor 58 dengan\r\npresentase 60% sehingga terdapat perubahan skor yang lebih baik sebesar 22 atau\r\ndengan presentase 22,5%. Uji nonparametrik tes Wilcoxon juga menunjukkan bahwa\r\nhipotesis nol (Ho) ditolak karena T hitung ≤ T tabel dengan harga T hitung 0 dan\r\nharga T tabel 0 serta taraf signifikansi yang digunakan α = 0,01."^^ . "2015-05-25" . . . "FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . "PENDIDIKAN LUAR BIASA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . . . "Erbi"^^ . "Bunyanuddin"^^ . "Erbi Bunyanuddin"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION\r\nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL\r\nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA\r\nWIYATA DHARMA I TEMPEL (Text)"^^ . . . "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION\r\nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL\r\nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA\r\nWIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION\r\nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL\r\nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA\r\nWIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION\r\nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL\r\nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA\r\nWIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION\r\nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL\r\nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA\r\nWIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION\r\nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL\r\nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA\r\nWIYATA DHARMA I TEMPEL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21724 \n\nPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PORTABLE ARTICULATION \nMIRROR (PAM) TERHADAP KEMAMPUAN BICARA HURUF BILABIAL \nANAK TUNARUNGU DI KELAS 1-A SEKOLAH LUAR BIASA \nWIYATA DHARMA I TEMPEL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .