%T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA %D 2015 %J Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA" %I Fakultas Ekonomi UNY %L UNY21711 %A Siti Sri Wulandari %X Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai keberhasilan dari data aktivitas dosen dalam setiap siklusnya mengalami kenaikan yaitu pada siklus I sebesar 5.11 dan siklus II sebesar 5.88. Untuk rata-rata nilai keberhasilan dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam setiap siklusnya juga mengalami kenaikan yaitu pada siklus I sebesar 58,4 meningkat 21,4 pada siklus II menjadi 80 dari kategori cukup kritis meningkat menjadi kategori kritis