%0 Journal Article %A Nugraha, Jaka %A Nikmah, Choirul %D 2015 %F UNY:21698 %I Fakultas Ekonomi UNY %J Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA" %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT WIRAUSAHAWAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING %U http://eprints.uny.ac.id/21698/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa kelas B program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) angkatan 2013 Universitas Negeri Surabaya pada mata kuliah kewirausahaan materi pokok sifat-sifat wirausahawan. Penelitian ini menggunakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran kewirausahaan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran kewirausahaan materi sifat-sifat wirausaha di kelas B PAP angkatan 2013 UNESA. Penerapan model PBL dengan metode diskusi dapat menjadikan mahasiswa aktif berpartisipasi dalam diskusi dan berpikir kritis. Oleh karena itu pembelajaran kewirausahaan materi sifat-sifat wirausaha di kelas B PAP angkatan 2013 UNESA dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa