relation: http://eprints.uny.ac.id/21697/ title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATANIAGA creator: Patrikha, Finisica Dwijayati subject: Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY description: Pendidikan Pendidikan tinggi merupakan pembelajaran untuk manusia dewasa (andragogy) yang lebih menekankan pada keaktifan mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan suatu kegiatan yang mampu merangsang mahasiswa untuk dapat aktif dan analitis dalam proses perkuliahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rangsangan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Jurusan Pendidikan Ekonomi, program studi Pendidikan Tata Niaga Angkatan 2013 yang mengikuti perkuliahan Manajemen Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor aktivitas mahasiswa pada siklus I adalah 64,2 persen dan mengalami peningkatan rerata pada siklus II menjadi 69,6 persen, sedangkan untuk hasil belajar mahasiswa pada siklus I memiliki rerata sebesar 78,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,9. publisher: Fakultas Ekonomi UNY date: 2015-06-26 type: Article type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/21697/1/13%20Finisica%20Dwijayati%20Patrikha.pdf identifier: Patrikha, Finisica Dwijayati (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATANIAGA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".