eprintid: 21658 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1226 dir: disk0/00/02/16/58 datestamp: 2015-06-28 21:33:43 lastmod: 2015-07-03 01:37:04 status_changed: 2015-06-26 03:00:11 type: article metadata_visibility: show creators_name: Ellyza Sri, Widyastuti creators_id: ellyzawidya71@gmail.com corp_creators: - title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP ILMU EKONOMI ispublished: pub subjects: psemnas_ppdkpi_mea divisions: fe_pend_ekonomi full_text_status: public abstract: Dalam menerapkan kurikulum 2013, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sangat menyarankan model Discovery Learning untuk mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Hal tersebut ditandaskan lagi dalam penguatan proses pembelajaran, siswa diarahkan untuk mencari tahu (discovery) bukan diberi tahu, Guru mata pelajaran ekonomi banyak yang belum memiliki gambaran yang jelas tentang penerapan discovery learning dalam pembelajaran. Padahal ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kehidupannya sehari-hari, yang mempelajari tindakan individu atau kelompok yang berkaitan erat dengan pencapaian atau pemenuhan alat kebutuhan materi bagi kesejahteraan hidup. Dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, diharapkan bahwa model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa dalam memahami konsep ilmu ekonomi serta meminimalisir tingkat kesulitan belajar ekonomi date: 2015-06-26 date_type: published publication: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA" publisher: Fakultas Ekonomi UNY refereed: TRUE citation: Ellyza Sri, Widyastuti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP ILMU EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA". document_url: http://eprints.uny.ac.id/21658/1/04%20Ellyza%20Sri%20%20Widyastuti.pdf