TY - THES TI - ANALISIS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA ALUMNI SEKOLAH BERBASIS CODEIGNITER PHP FRAMEWORK AV - public ID - UNY21656 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/21656/ Y1 - 2015/06/26/ N2 - ANALISIS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA ALUMNI SEKOLAH BERBASIS CODEIGNITER PHP FRAMEWORK Oleh: Yoga Hanggara NIM. 08520241004 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengembangkan perangkat lunak pengelolaan data alumni sekolah yang selama ini masih dilakukan dengan dokumen tertulis, (2) untuk mengetahui kualitas perangkat lunak terhadap standard ISO 9126 dari sisi functionality, security, usability, efficiency, portability, dan maintainability. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Langkah yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Pengujian functionality menggunakan checklist yang dilakukan oleh 1 system analyst dan 4 web developer, pengujian usability dilakukan dengan Computer System Usability Questionnaire (CSUQ) pada 15 calon pengguna yaitu alumni sekolah. Pengujian security menggunakan Acunetix web vulnerability scanner, efficiency menggunakan YSlow, portability diuji pada 5 web browser, maintainability diuji saat sistem mengalami error. Berdasarkan pengujian dan analisis, disimpulkan dengan menggunakan framework Codeigniter dapat dibuat aplikasi web untuk mempermudah pengolahan data. Kualitas functionality cukup baik karena 94,6% fungsi yang dibutuhkan sudah berfungsi. Sistem mampu mencegah Cross-site Scripting (XSS) dan SQL Injection. Hasil uji usability menyatakan 79% pengguna dapat dengan mudah menggunakan sistem. Pada sisi efisiensi, dengan akses minimum (33 kbps) dan load time maksimum 10 detik, sebanyak 84% pengguna tidak akan meninggalkan aplikasi. Karena Codeigniter menggunakan pendekatan Model-View-Controller, perbaikan dan pengembangan (maintainability) menjadi mudah. Sistem dapat dijalankan dengan baik pada sistem yang berbeda (portable). Kata kunci : data alumni, aplikasi web, codeigniter A1 - Yoga, Hanggara PB - UNY ER -