%D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN TEMANGGUNG %A Saputra David Ragil %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perencanaan supervisi akademik oleh pengawas; (2) bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas; dan (3) bagaimana tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik. Desain penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan teknik analisis tabel frekuensi. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode populasi, dimana populasinya adalah 42 pengawas SD se-Kabupaten Temanggung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada tingkatan cukup, pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal perencanaan supervisi akademik. (2) Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal pelaksanan supervisi akademik. (3) Tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal tindak lanjut supervisi akademik. %L UNY21655