%0 Thesis %9 S1 %A Candra Dwi, Prasetia %B Administrasi Pendidikan %D 2015 %F UNY:21653 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T MANAJEMEN PENYELENGGARAAN KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN KANAK-KANAK – DAYCARE KREATIF KOMIMO YOGYAKART %U http://eprints.uny.ac.id/21653/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan kurikulum di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO; (2) Pengelolaan tenaga pendidik di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO; (3) Pengelolaan sarana dan prasarana di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO; dan (4) Evaluasi program di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator pendidikan, dan tenaga pendidik. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan pengamatan dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif, sedangkan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan kurikulum di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO telah berjalan dengan baik, melalui tahap perencanaan pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian. Kurikulum yang ada di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO mengacu pada tiga konsep kurikulum yakni kurikulum nasional, kurikulum yayasan, dan diperkaya dengan ACSC (Australian Children Studies Center). (2) Pengelolaan tenaga pendidik di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO melalui tahap perencanaan, pembagian tugas, dan pengembangan kompetensi pendidik. Pengembangan kompetensi tenaga pendidik KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO dilakukan dengan mengadakan seminar, studi banding/lanjut, pelatihan, dan Focus Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan secara rutin. (3) Pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO meliputi pengadaan sarana pendidikan (pembelian, buatan sendiri, maupun hibah/hadiah), perawatan, dan penghapusan. (4) Evaluasi program yang dilakukan oleh KB/TK – Daycare Kreatif KOMIMO yaitu secara internal antara kepala sekolah dengan tenaga pendidik, metode yang digunakan ialah dengan cara diskusi dan juga tanya jawab. Aspek yang dievaluasi meliputi kurikulum, kinerja pendidik, sarana, dan kelengkapan administrasi. Evaluasi program dilakukan pada akhir tahun ajaran menjelang tahun ajaran baru.