<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA"^^ . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA\r\nOleh\r\nWinda Defi Farida\r\nNIM. 07520244030\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan\r\npeningkatan hasil belajar TIK siswa antara yang mendapat perlakuan metode\r\nCooperative Learning tipe Team Assisted Individualization dan metode\r\nKonvensional.\r\nMetode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental The\r\nNonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes pilihan\r\nganda sebanyak 50 soal untuk kompetensi dasar menggunakan menu ikon yang\r\nterdapat dalam perangkat lunak pengolah angka dan 70 soal untuk kompetensi\r\ndasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik,\r\ngambar, dan diagram. Saat melaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen\r\npeneliti memberikan lembar observasi. Populasi dalam penelitian adalah siswa\r\nkelas XI IPA dan kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu kelas XIIPA1\r\ndan XI-IPA3. Analisis data untuk pengujian hasil penelitian mengunakan uji\r\nnormalitas, uji homogenitas dan uji t untuk mengetahui perbedaan peningkatan\r\nhasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil\r\nbelajar pada kedua kelas dilihat dari nilai pretest, posttest dan gain. Setelah\r\ndilakukan uji Mann Whitney diperoleh Zhitung sebesar -3.817 dengan nilai\r\nsignifikansi 0,000 pada KD 2.1, sedangkan pada KD 2.2 diperoleh Zhitung sebesar\r\n-3.733 dengan nilai signifikansi 0,000. Perbandingan antara nilai gain kelompok\r\neksperimen dan kontrol pada KD 2.1 adalah 53% berbanding 39%, sedangkan\r\nperbandingan antara nilai gain kelompok eksperimen dan kontrol pada KD 2.2\r\nadalah 58 % berbanding 43%, Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar kelas yang\r\nmenggunakan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran TIK lebih\r\nbesar dibandingkan dengan kelas Konvensional. Dengan demikian metode\r\nCooperative Learning tipe Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap\r\npeningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK.\r\nKata Kunci\r\nTeam Assisted Individualization, konvensional, mata pelajaran TIK"^^ . "2015-06-26" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Defi Farida"^^ . "Winda"^^ . "Defi Farida Winda"^^ . . . . . . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA (Text)"^^ . . . "Winda Defi Farida 07520244030.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN\r\nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED\r\nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA\r\nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21639 \n\nPERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN \nMETODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED \nINDIVIDUALIZATION DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA \nMATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Informasi"@en . .