%T Pengembangan Komik Fotografi Materi Perubahan Masyarakat pada Masa Kekuasaan VOC sebagai Sumber Belajar IPS untuk Siswa SMP Kelas VIII %D 2015 %I Fakultas Ilmu Sosial %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan komik fotografi sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VIII dengan materi perubahan masyarakat pada masa kekuasaan VOC (2) mengetahui kelayakan komik fotografi sebagai sumber belajar IPS berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, serta tanggapan guru IPS dan siswa terhadap komik footografi sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan beberapa tahap meliputi tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan, serta tahap validasi dan uji coba penggunaan produk. Teknik pengumpulan data dengan angket diperoleh hasil validasi materi oleh satu orang ahli materi, hasil validasi media oleh satu orang ahli media, hasil uji coba penggunaan produk oleh 2 orang guru IPS, dan hasil uji coba penggunaan produk oleh 31 siswa SMP kelas VIII. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dikonversi dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan komik fotografi. Komik fotografi dianggap layak untuk digunakan apabila validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan uji penggunaan produk oleh siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk dengan spesifikasi media cetak komik fotografi yang digunakan sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VIII dengan materi perubahan masyarakat pada masa kekuasaan VOC dan memuat rumusan kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan, uraian materi, dan evaluasi (2) kualitas komik fotografi dilihat dari validasi ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,6 dengan kategori sangat baik; hasil validasi oleh ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,15 dengan kategori baik; uji coba penggunaan produk oleh guru IPS memperoleh rerata skor sebesar 4,46 dengan kategori sangat baik; uji coba penggunaan produk oleh siswa memiliki rerata skor terendah sebesar 3,8 dan rerata skor tertinggi 5 serta memiliki rerata skor kelas sebesar 4,66 dengan kategori sangat baik. Dari hasil rerata skor yang diperoleh terlihat bahwa komik fotografi layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kualitas yang sangat baik. Kata kunci: komik fotografi, sumber belajar, IPS %A Puspita Astari Putri %L UNY21586