%0 Thesis %9 S1 %A Ririn, Zuliana %B FIP %D 2013 %F UNY:21576 %I UNY %T PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KESIAPAN GURU DALAM MENGHADAPI KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN JOGOROTO KABUPATEN JOMBANG %U http://eprints.uny.ac.id/21576/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat pengetahuan guru terhadap kesiapan guru dalam menghadapi kurikulum 2013; (2) pengaruh sikap guru terhadap kesiapan guru dalam menghadapi kurikulum 2013; dan (3) pengaruh secara simultan tingkat pengetahuan guru dan sikap guru secara simultan terhadap kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei, yang menggunakan 3 variabel, yaitu tingkat pengetahuan guru, sikap guru, dan kesiapan guru. Populasi penelitian adalah guru SD se-Kecamatan Jogoroto. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga guru kelas I dan IV menjadi sampel penelitian. Hal ini disebabkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 hanya diimplementasikan pada kelas I dan IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Validitas data menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk reliabilitas menggunakan teknik Alpha Croncbach’s. Adapun uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji heterokidestisitas, dan uji multikorelasi. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji korelasi, uji regresi linier, dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) terdapat pengaruh tingkat pengetahuan guru terhadap kesiapan guru dalam menghadapi kurikulum 2013 sebesar 49,70%; (2) terdapat pengaruh sikap guru terhadap kesiapan guru dalam menghadapi kurikulum 2013 sebesar 49,42%; (3) terdapat pengaruh pengetahuan guru dan sikap guru secara simultan terhadap kesiapan guru terhadap kurikulum 2013 sebesar 63,1% sedangkan sisanya sebesar 36,9% dijelaskan oleh variabel lain, diantaranya adalah sosialisasi, pendanaan sekolah dan penataan guru khususnya bidang studi bahasa Inggris. Kata kunci: kesiapan guru, sikap guru, tingkat pengetahuan guru