TY - THES Y1 - 2013/07/15/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten antara kelas yang diajar menggunakan media fotografi dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media fotografi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di kelas X SMA N 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten yang berjumlah 195 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XE/F (29 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XC/D (29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk.Koefisien realibilitas penelitian ini sebesar 0,984. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung (sebesar 3, 664) lebih besar dari pada t table ( sebesar 2, 390), pada taraf sinifikansi ? = 0,05 dan db sebesar 56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman yang signifikan peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten antara kelompok yang diajar dengan menggunakan media fotografi dan yang diajar dengan media konvensional (2) penggunaan media fotografi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 2 Klaten lebih efektif dari pada menggunakan media konvensional. Bobot keefektifanya sebasar 10,78%. PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Abdullah, Nurma Ningsih KW - fotografi KW - menulis AV - public TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FOTOGRAFI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 KLATEN M1 - skripsi ID - UNY21532 UR - http://eprints.uny.ac.id/21532/ ER -