%I Fakultas Ekonomi %D 2015 %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN WI-FI DAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN TAHUN 2011-2013 %L UNY21503 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan wi-fi terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013; (2) pengaruh e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013; (3) pengaruh kualitas pelayanan wi-fi dan e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011-2013. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode proportional random sampling, hingga diperoleh 164 sampel mahasiswa dari populasi 279 mahasiswa. Berdasarkan ketersediaan data, jenis data yang digunakan adalah data primer dengan regresi ganda sebagai metode analisanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) kualitas pelayanan wi-fi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. (2) e-learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. (3) secara simultan kualitas pelayanan wi-fi dan e-learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,281 atau 28,1% dapat diartikan bahwa 28,1% motivasi belajar dipengaruhi oleh kualitas pelayanan wi-fi dan e-learning, sedangkan sisanya sebesar 71,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. %A Wijanarko Bambang