@phdthesis{UNY21471, month = {January}, author = {Adrie Satrio}, title = {PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DEV-MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PENGUMUMAN KELAS IV SD NEGERI 234 BOROREJO SURAKARTA}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2014}, abstract = {Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran dev-match pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pengumuman kelas IV SD N 234 Bororejo Surakarta yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R\&D dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga langkah pengembangan yaitu: 1) Define, 2) Design, dan 3) Develop. Subjek dalam penelitian ini adalah model dan perangkat pembelajaran, sedangkan objek penelitian ini adalah 1 orang guru beserta 25 orang siswa kelas IV SD N 234 Bororejo Surakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan angket. Analisis data penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran dev-match pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pengumuman untuk siswa kelas IV SD N 234 Bororejo dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kriteria valid dilihat dari hasil validasi model dengan nilai rata-rata 3,75 untuk isi dan 3,87 untuk konstruk. Kriteria praktis dibuktikan dengan nila rata-rata keterlaksanaan model sebesar 3,76 termasuk kategori tinggi. Kriteria efektif dibuktikan dengan persentase hasil belajar siswa yang memiliki nilai tinggi dan sangat tinggi adalah 76\% dari 25 siswa, rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,98 termasuk dalam kategori tinggi. Respon siswa adalah positif dapat dilihat dari persentase banyak siswa yang menyatakan senang 91,23\%, berminat 95\%, dan tertarik 92,34\% terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/21471/} }