TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/21451/ KW - perencanaan KW - pengorganisasian KW - pelaksanaan KW - evaluasi KW - kinerja KW - guru Bahasa Jawa AV - restricted TI - Kinerja Guru Bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Cangkringan, Kabupaten Sleman ID - UNY21451 M1 - tesis A1 - Rumsari, Widanarti PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) evaluasi pembelajaran bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa pedoman wawancara dan lembar observasi yang ditujukan kepada guru Bahasa Jawa dan siswa yang memperoleh pembelajaran Bahasa Jawa di SMA N 1 Cangkringan. Keabsahan data diperoleh menggunakan expert judgment. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan: 1) perencanaan pembelajaran Bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Cangkringan meliputi: penyusunan program tahunan, program semester, silabus, dan RPP; komponen dalam perencanaan pembelajaran tersebut sudah memenuhi harapan, dibuktikan dengan pembuatan perangkat pembelajaran; 2) pengorganisasian kelas pada pembelajaran Bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Cangkringan, Kabupaten Sleman secara keseluruhan dapat dikatakan maksimal, karena guru dapat mengatur pembelajaran dengan baik; 3) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Cangkringan sudah sesuai dengan tujuan yang tercantum pada RPP, akan tetapi masih perlu menggunakan sumber belajar lain dan media pembelajaran agar proses pembelajaran tidak monoton dan pelaksanaan pembelajaran semakin efektif; 4) evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Cangkringan sudah sesuai dengan prosedur, tetapi masih perlu ditingkatkan dalam pengukuran. Y1 - 2015/07/25/ ER -