@phdthesis{UNY21446, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2013}, month = {October}, title = {KEEEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL}, author = {Anis Purwanti}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 1 Sedayu Bantul antara yang diajar dengan menggunakan teknik Think Pair Share dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensioanl, dan (2) keefektifan penggunaan teknik Think Pair Share dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas (X) berupa pembelajaran menggunakan teknik Think Pair Share dan variabel terikat (Y) berupa kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik. Desain eksperimen menggunakan model Pre-test-Post-test Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Anggota sampel sebanyak 51 orang, yaitu kelas eksperimen 26 orang dan kelas kontrol 25 orang. Data diambil dengan tes keterampilan membaca. Validitas instrumen terdiri dari atas validitas isi dan konsruk. Validitas dihitung dengan rumus Product Moment Pearson. Hasilnya menunjukkan bahwa r-hitung (rxy = 0,440 ? 0,739) lebih tinggi dari nilai rtabel (0,404). Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Hasilnya menunjukkan bahwa rhitung (r = 0,935) lebih tinggi dari rtabel. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,668{\ensuremath{>}}2,042) pada taraf signifikansi ({\ensuremath{\alpha}} = 0,05), hal ini berarti : (1) Ada perbedaan yang signifikan keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik antara yang diajar menggunakan teknik Think Pair Share dengan teknik konvensional, (2) teknik Think Pair Share lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman dengan bobot keefektifan sebesar 9,8 \% dan mean difference kelas eksperimen (22,077) lebih tinggi mean difference kelas kontrol (21,26). Implikasi dari penelitian ini adalah teknik Think Pair Share bisa digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca di SMA untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik.}, keywords = {think pair share, membaca bahasa jerman}, url = {http://eprints.uny.ac.id/21446/} }