TY - THES TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK ?BAHASAN KETENTUANKETENTUAN SHALAT? UNTUK SISWA KELAS IV SD AV - restricted ID - UNY21434 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/21434/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak untuk digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development. Adapun tahap-tahap dalam mengembangkan multimedia ini adalah analisis kebutuhan (planning), perancangan desain (design) dan pengujian terhadap media (evaluation). Responden penelitian adalah siswa kelas IV SD N Perumnas Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini sebanyak 40 orang, terdiri atas 2 validator, dan 38 siswa sebagai subjek uji coba, 3 siswa uji coba kelompok kecil, 10 siswa uji coba kelompok sedang dan 25 siswa uji coba lapangan besar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi brupa angket untuk ahli media dan ahli materi, lembar observasi dan kuesioner untuk siswa SD. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar validasi dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap multimedia yang dikembangkan. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya pada pokok bahasan ketentuan-ketentuan shalat. Hasil penilaian multimedia pembelajaran berdasarkan prosedur pengembangan multimedia: uji validasi ahli materi, indikator kelayakan dalam uji validasi ahli materi meliputi: cakupan materi, kebenaran materi, urutan matari, kesesuaian materi dengan standar kompetensi, ketepatan materi dengan kompetensi dasar. Menurut ahli materi, materi yang dikembangkan dalam multimedia sudah layak untuk di uji coba akan tetapi sumber materi harus jelas dan dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya. Uji validasi ahli media, indikator kelayakan dalam uji validasi media meliputi: aspek tampilan, komponen aspek tampilan meliputi: kualitas grafis, kualitas suara, kualitas animasi, kualitas navigasi dan kualitas pengemasan. Aspek pemograman, komponen dalam aspek pemrograman meliputi: efesiensi program, fungsi navigasi, fungsi pengaturan, sistem operasi dan kualitas fisik. Menurut ahli media multimedia yang dikembangkan layak untuk diujicobakan dengan revisi sesuai saran. Saran dari ahli media yaitu tombol petunjuk umum dan tombol petunjuk harus dipisahkan, pada subjudul materi poin disesuiakan 1 atau A, evaluasi diberi feedback. Setelah produk direvisi sesuai saran dan validasikan lagi kepada ahli media, menurut ahli media multimedia yang dikembangkan layak uji coba lapangan tanpa revisi. Setelah melakukan tahap validasi tahap selanjutnya adalah uji coba lapangan, pada uji coba lapangan dibagi tiga yaitu uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok sedang dan uji coba kelompok besar. Dalam tahap uji coba kelompok kecil, sedang dan besar indikator yang digunakan meliputi: kejelasan materi, keindahan tampilan layar, kesesuaian warna, kesesuaian animasi dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil pengamatan uji coba, siswa terlihat antusias dan merasa terbantu dengan adanya multimedia untuk memahami materi, sedangkan berdasarkan angket uji coba yang di isi oleh siswa berdasarkan uji coba kelompok kecil, sedang dan besar multimedia ini termasuk kategori layak dengan score rerata 4, 23. Y1 - 2014/04/20/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Suryani, Ade ER -