%L UNY21416 %A ARIF KISBIYANTO %X Saat ini maraknya pembangunan pasar modern, tentu saja menjadi saingan berat bagi para pedagang pasar tradisional. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak sosial ekonomi keberadaan pasar modern pada pasar tradisional khususnya Pasar Kota Boyolali serta faktor-faktor apa yang membuat pengunjung tetap loyal memilih berbelanja di Pasar Kota Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara kepada pedagang dan pengunjung Pasar Kota Boyolali yang didukung oleh data hasil dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interakif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak sosial ekonomi yang dialami Pasar Kota Boyolali dengan adanya pasar modern adalah (1) penurunan omset penjualan pedagang Pasar Kota Boyolali akibat turunnya jumlah pembeli (2) semakin lama jumlah pedagang di Pasar Kota Boyolali semakin berkurang akibat merebaknya pasar modern (3) persaingan pedagang Pasar Kota Boyolali dengan pasar modern yang memaksa pedagang di Pasar Kota Boyolali harus terhambat kondisinya (4) meningkatnya persaingan antar penjual di Pasar Kota Boyolali yang menimbulkan konflik dan cara berdagang yang tidak beretika antar pedagang yang satu dengan pedagang yang lain di Pasar Kota Boyolali (5) sulitnya pedagang di Pasar Kota Boyolali untuk mendapatkan pasokan dari suplier karena suplier lebih memilih memasok barang di pasar modern dibandingkan memasok kepada pedagang Pasar Kota Boyolali. Faktor-faktor yang membuat konsumen tetap loyal memilih berbelanja di Pasar Kota Boyolali adalah (1) harga yang ditawarkan Pasar Kota Boyolali lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasar modern (2) lengkapnya barang yang dijual di Pasar Kota Boyolali dibandingkan dengan pasar modern karena Pasar Kota Boyolali mempunyai bangunan yang luas (3) kedekatan yang terjalin antara pedagang dan pengunjug Pasar Kota Boyolali (4) upaya meningkatkan pelayanan kepada para pembeli yang dilakukan oleh pedagang Pasar Kota Boyolali. Kata kunci: dampak sosial ekonomi, pasar modern, Pasar Kota Boyolali %I Fakultas Ilmu Sosial %D 2013 %T DAMPAK SOSIAL EKONOMI KEBERADAAN PASAR MODERN PADA PASAR TRADISIONAL (Studi Pada Pasar Kota Boyolali)