<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VI/C SLB Negeri 2 Yogyakarta dengan token economy.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain yang diadops i dari model Kemmis dan Mc Taggart (1982). Subjek penelitian yaitu 2 orang anak tunagrahita ringan kelas VI/C di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Teknik\r\nanalisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 6 pertemuan, sedangkan siklus kedua terdiri dari 7 pertemuan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa token economy dapat meningkatkan kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VI/C SLB Negeri 2 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pencapaian oleh anak tunagrahita ringan atas kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil pencapaian pada kedisiplinan anak tunagrahita ringan terhadap tugas harian sekolah yang telah memenuhi keberhasilan minimal. Pascatindakan siklus I subjek Ald mencapai 6 indikator kedisiplinan, namun\r\npencapaian siklus II subjek Ald mampu memenuhi 8 indikator kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah. Sedangkan subjek Irw mampu memenuhi 7 indikator kedisiplinan pada siklus I, dan pencapaian siklus II subjek Irw mampu mencapai 7 indikator kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah. Meningkatkan kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan dengan menggunakan token economy dan anak diberikan reinforcement positif secara verbal, gestural, dan sentuhan untuk memotivasi anak dalam meningkatkat kedisiplinan tersebut. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan token economy kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VI/C SLB Negeri 2\r\nYogyakarta meningkat.\r\n\r\nKata kunci: token economy, kedisiplinan terhadap tugas harian sekolah, anak tunagrahita ringan."^^ . "2015-06-24" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Agus"^^ . "Agus Komaria"^^ . "Agus Agus Komaria"^^ . . . . . . "PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21410 \n\nPENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP TUGAS HARIAN SEKOLAH PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI/C SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Sekolah" . .