<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I"^^ . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I\r\nOleh:\r\nSugiarto\r\nNIM. 09505247005\r\nABSTRAK\r\nKompentensi mata kuliah KBM I memuat konsep struktur bangunan yang\r\nrumit, terutama bagi mahasiswa berlatar belakang pedidikan SMA/SMU.\r\nKerumitan struktur bangunan yang meyebabkan terhambatnya pemahaman dan\r\nketerampilan menggambar yang meyebabkan kurang tercapainya standar\r\nkompentensi dasar dari mata kuliah KBM I. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmembuat media pembelajaran mandiri dengan metode Trans Dimensi Obyek\r\nGambar (TDOG) berdasarkan kebutuhan mahasiswa agar lebih mudah memahami\r\nhubungan antara konsep dan kenyataan, dan objek nyata dan gambar di atas\r\nkertas.\r\nPenelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan prodedur Research and\r\nDevelopment (R&D). Rencana pelaksanaan penelitian dibuat dalam dua tahap,\r\nyaitu: 1) pengembangan produk, dan 2) pengujian ke-efektifan produk. Secara\r\nrinci, pengembangan produk dengan langkah: konsep, desain, pengumpulan\r\nbahan, penggabungan, uji coba, distribusi. Metode yang digunakan untuk\r\nmenganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang\r\ndiungkapkan dalam distribusi skor dan katagori skala penilaian yang telah\r\nditentukan.\r\nBerdasar hasil pengujian,dapat disimpulkan bahwa: 1) model\r\npengembangan media berdasarkan kebutuhan mahasiswa dikembangkan melalui\r\ntahap: melakukan penelitian pendahuluan, pembuatan desain software,\r\npengumpulan bahan, pengembangan produk awal, validasi produk awal, analisis,\r\nrevisi produk awal, uji coba lapangan, analisis uji coba lapangan,revisi II, produk\r\nakhir. 2) hasil penilaian uji lapangan tahap pertama mendapat skor rerata sebesar\r\n3,82, pada hasil uji lapangan tahap kedua terdapat peningkatan dengan skor rerata\r\nsebesar 4,00, dan pada pengujian tahap ketiga menunjukkan peningkatan dari uji\r\ntahap pertama dan kedua dengan skor rerata sebesar 4.24 dari skala 5 menunjukan\r\nhasil “Sangat Baik”. Dari hasil pengujian tahap ketiga maka media ini sudah\r\ndianggap layak digunakan untuk mahasiswa sebagai media pembelajaran,\r\nKata kunci : media pembelajaran, TDOG"^^ . "2015-06-24" . . . "U N Y"^^ . . . "Fakultas Teknik, U N Y"^^ . . . . . . . . . "Sugiarto"^^ . "Sugiarto"^^ . "Sugiarto Sugiarto"^^ . . . . . . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I (Text)"^^ . . . "Sugiarto 09505247005.pdf"^^ . . . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN\r\nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH\r\nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21371 \n\nUJI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN \nTRANS DIMENSIONAL OBJEK GAMBAR (TDOG) PADA MATA KULIAH \nKONSTRUKSI BANGUNAN DAN MENGGAMBAR (KBM) I\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Sipil dan Perencanaan" . .