%0 Thesis %9 S1 %A Sri, Hastuti %B Fakultas Teknik %D 2015 %F UNY:21358 %I UNY %T HUBUNGAN PEMANFAATAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK DENGAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA SISWA SMP NEGERI DI KOTAMADYA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/21358/ %X HUBUNGAN PEMANFAATAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK DENGAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA SISWA SMP NEGERI DI KOTAMADYA YOGYAKARTA Oleh : Sri Hastuti NIM : 07520244098 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan situs jejaring sosial facebook dengan penguasaan mata pelajaran TIK bagi siswa SMP Negeri di kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini sebanyak 3.367 siswa yang berasal dari 16 SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Untuk sampel diambil sebanyak 251 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket berbentuk skala Likert dengan rentang skor 1- 4. Validitas instrumen diukur dengan judgement expert dan diuji dengan analisis korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen diukur dengan rumus koefisien Alpha Cronbach. Pengujian hipotesisnya menggunakan teknik korelasi product moment. Kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis tersebut menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis data untuk hubungan antara pemanfaatan situs jejaring sosial facebook terhadap penguasaan mata pelajaran TIK diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,253 dengan p 0,000 (<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara pemanfaatan situs jejaring sosial facebook dengan penguasaan mata pelajaran TIK pada siswa SMP Negeri di Kotamadya Yogyakarta. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai KD = 6,4% yang artinya: besar pengaruh pemanfaatan situs jejaring sosial facebook terhadap penguasaan mata pelajaran TIK adalah 6,4%, sedangkan 93,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata kunci : facebook, pelajaran TIK, SMP Negeri