%L UNY21280 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Seberapa tinggi tingkat gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah; (2) Seberapa tinggi tingkat kinerja guru; dan (3) Seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Tingkat Pertama se Kecamatan Nanggulan yang berjumlah 138 guru. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dengan sampel sebesar 69 guru. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 20 guru. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dengan persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Gaya kepemimpinan partisipatif kepala Sekolah Menengah Tingkat Pertama se Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dalam kategori tinggi yaitu sebesar 82,23%; (2) Kinerja guru Sekolah Menengah Tingkat Pertama se Kecamatan Nanggulan dalam kategori sedang yaitu sebesar 79,48%; dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (R) 0,548 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,300. Ini berarti 30% variansi yang terjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan partisipatif, sedangkan 70% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. %A Sapta Nawang Ari %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO %D 2015