eprintid: 21270 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1199 dir: disk0/00/02/12/70 datestamp: 2015-06-24 00:43:10 lastmod: 2019-01-29 23:56:50 status_changed: 2015-06-24 00:43:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauzi, Nanang Hanif title: STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PROSES PEMBELAJARAN APRESIASI SENI RUPA SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: art_rupa divisions: fbs_pend_seni_rupa full_text_status: public keywords: pembelajaran kontekstual, pembelajaran apresiasi seni rupa abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran kontekstual dengan menggunakan metode Masyarakat Belajar (Learning Community) dan Refleksi (Reflection) pada pembelajaran Apresiasi Seni Rupa kelas VIII B SMP Negeri 1 Playen Kecamatan Playen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 1 Playen. Objek yang diteliti tentang proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kontekstual pada proses pembelajaran seni rupa di SMP Negeri 1 Playen. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual pada pembelajaran apresiasi seni rupa dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk bertanya, peserta didik dapat bertanya kepada guru dan teman yang lain, kerja sama antara teman untuk memecahkan masalah, komunikasi dua arah antara kelompok satu dengan kelompok yang lain, adanya kelompok belajar yang berkomunikasi untuk berbagi pengalaman dan gagasan, ada rasa tanggung jawab kelompok, semua anggota dalam kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama dengan tugas yang diberikan guru, dan menciptakan situasi yang memungkinkan seorang anak belajar dengan anak lainnya. Hal ini dibuktikan pada pembelajaran apresiasi yang dilakukan dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual sesuai dengan hasil tes, angket (kuesioner), dan observasi. Kendala atau hambatan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran apresiasi seni rupa sebagai berikut: (1) Waktu yang digunakan pada pembelajaran apresiasi seni kurang efektif, sebab membutuhkan alokasi waktu yang cukup lama. (2) Media pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran apresiasi seni kurang bervariasi. Dengan demikian pelaksanaan strategi Pembelajaran Kontekstual dengan metode Masyarakat Belajar (Learning Community) dan Refleksi (Reflection) pada Apresiasi Seni Rupa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Playen cocok diterapkan di SMP dan berhasil, sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator, walaupun terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Apreiasi Seni Rupa tetapi hal tersebut dapat di atasi. date: 2013-01-30 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Seni Rupa thesis_type: skripsi citation: Fauzi, Nanang Hanif (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PROSES PEMBELAJARAN APRESIASI SENI RUPA SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/21270/1/Nanang%20Hanif%20Fauzi%2008206244034.pdf