eprintid: 21233 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1261 dir: disk0/00/02/12/33 datestamp: 2015-06-23 05:29:28 lastmod: 2019-01-29 23:55:37 status_changed: 2015-06-23 05:29:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Singgih, Apriyanto Setiawan creators_id: singgihapri@yahoo.co.id corp_creators: Pendidikan Teknik Mekatronika title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PEMAHAMAN DASAR LISTRIK KELAS X DI SMK LEONARDO KLATEN ispublished: submitted subjects: G9 divisions: ft_jurdik_elko_pend_mekatronika full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dibandingan dengan model pembelajaran yang berpusat pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditinjau dari tiga ranah yaitu: (1) ranah kognitif; (2) ranah afektif; dan (3) ranah psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Mekatronia SMK Leonardo Klaten sebanyak 68 siswa dimana X TMKA digunakan sebagai kelompok kontrol dan X TMKB sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Efektivitas tersebut ditunjukkan dari perbandingan rerata nilai pada tiga ranah: (1) rerata nilai ranah kognitif siswa yang diambil dari skor gain kelompok eksperimen sebesar 0,71 berbanding dengan kelompok kontrol sebesar 0,56; (2) rerata nilai ranah afektif siswa kelompok eksperimen sebesar 79,07 berbanding dengan kelompok kontrol sebesar 71,47; (3) rerata nilai ranah psikomotorik siswa kelompok eksperimen sebesar 79,04 berbanding dengan kelompok kontrol sebesar 72,83. Kata kunci: Model pembelajaran, Kognitif, Psikomotor, Pembelajaran berbasis masalah date: 2015-06-23 date_type: submitted institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Singgih, Apriyanto Setiawan (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PEMAHAMAN DASAR LISTRIK KELAS X DI SMK LEONARDO KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/21233/1/singgih.pdf