TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/21218/ ID - UNY21218 M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI DESAIN JARINGAN KOMPUTER SISWA KELAS X DI SMK N 2 PENGASIH AV - public A1 - Vita, Kristiani PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dibandingkan dengan metode konvensional dalam dalam pencapaian kompetensi kognitif desain jaringan komputer siswa, (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dibandingkan dengan metode konvensional dalam dalam pencapaian kompetensi afektif desain jaringan komputer siswa, (3) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dibandingkan dengan metode konvensional dalam dalam pencapaian kompetensi psikomotrik desain jaringan komputer siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 2 Pengasih sebanyak 32 siswa. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan instrument tes dan instrumen non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Project Based Learning lebih efektif daripada metode konvensional pada pencapaian kompetensi kognitif desain jaringan komputer siswa, (2) model pembelajaran Project Based Learning lebih efektif daripada metode konvensional pada pencapaian kompetensi afektif desain jaringan komputer siswa, (3) model pembelajaran Project Based Learning lebih efektif daripada metode konvensional pada pencapaian kompetensi psikomotorik desain jaringan komputer siswa. Kata kunci: afektif, kognitif, psikomotorik, Project Based Learning. Y1 - 2015/06/23/ ER -