eprintid: 21216 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1261 dir: disk0/00/02/12/16 datestamp: 2015-06-23 03:31:52 lastmod: 2019-01-29 23:55:01 status_changed: 2015-06-23 03:31:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Susanto, Fibriantoro creators_id: fibriantoro27@gmail.com corp_creators: Pendidikan Teknik Mekatronika title: EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMK NEGERI 1 BLORA ispublished: submitted subjects: G9 divisions: ft_jurdik_elko_pend_mekatronika full_text_status: public abstract: Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui seberapa besar Efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Teacher Centered pada hasil belajar ranah kognitif, (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognigtif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TAV SMK N 1 Blora sebanyak 70 siswa. Siswa dibagi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada ranah kognitif mempunyai rerata skor gain sebesar 0,71 termasuk dalam katagori tinggi, sedangkan efektivitas menggunakan model pembelajaran Teacher Centered pada ranah kognitif mempunyai rerata skor gain sebesar 0,48 termasuk dalam katagori sedang, (2) penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered. Hal ini dilihat dari perbandingan rerata dan uji t nilai hasil belajar pada 3 ranah. Ditinjau dari rerata, diperoleh ranah kognitif 86,77 berbanding 79,81, ranah afektif 82,55 berbanding 74,86, dan ranah psikomotor 80 berbanding 73,19. Ditinjau dari uji t, diperoleh ranah kognitif thitung dengan ttabel sebesar 3,961>2,00, ranah afektif thitung dengan ttabel sebesar 4,234>2,00, dan ranah psikomotorik thitung dengan ttabel sebesar 3,804>2,00. Kata kunci: afektif, kognitif, hasil belajar, problem based learning, psikomotor. date: 2015-06-23 date_type: submitted institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Susanto, Fibriantoro (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMK NEGERI 1 BLORA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/21216/1/susanto.pdf