<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA"^^ . "TUGAS AKHIR SKRIPSI\r\nUPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA\r\nOleh: Safetyo Pambudi\r\nNIM. 08520241009\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode drill dapat\r\nmeningkatkan keterampilan mengetik 10 jari pada siswa siswi kelas X SMK\r\nMuhammadiyah 3 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan\r\nrancangan sampel berkorelasi (pre test dan post test). Populasi dalam penelitian\r\nini seluruh kelas X yang berjumlah 556 siswa. Penentuan sampel dengan teknik\r\nsampeling purposive yaitu kelas eksperimen berjumlah 36 siswa pada kelas X\r\nTKJ 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kecepatan mengetik\r\nsampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode drill\r\ndalam pembelajaran keterampilan mengetik 10 jari pada mata pelajaran KKPI,\r\nsedangkan variabel terikat adalah kemampuan atau keterampilan mengetik 10 jari\r\nsiswa. Kecepatan dalam mengetik merupakan indikator dalam penelitian ini.\r\nHasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa penggunaan metode drill\r\ndalam pembelajaran keterampilan mengetik 10 jari memberikan peningkatan\r\ndalam hal kecepatan mengetik sampel. Pre test sampel yang hanya 16.68 kpm,\r\nmenjadi 27.70 kpm pada Siklus I, 25.20 kpm pada Siklus II, dan 30.01 kpm pada\r\nSiklus III (post test). Pengujian hipotesis uji-t menggunakan taraf signifikansi\r\n(α) = 0,05, dk = 70, sehingga t-tabel = +1.99444. Berdasarkan hasil\r\nperhitungan diperoleh nilai t-hitung = -17.603. Hal ini menunjukkan bahwa thitung\r\nlebih besar dari t-tabel pada uji-t berkorelasi dua pihak (two tail test) (thitung:\r\n-17.603 > t-tabel: +1.99444) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho yang\r\nmenyatakan tidak terdapat perbedaan kecepatan mengetik secara signifikan antara\r\nhasil pre test dan hasil post test ditolak dan Hi yang menyatakan terdapat\r\nperbedaan kecepatan mengetik secara signifikan antara hasil pre test dan hasil\r\npost test diterima. Hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi tempat\r\nsampel berada. Dengan demikian, hipoteses penelitian yang menyatakan metode\r\ndrill dapat meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari pada siswa-siswi kelas X\r\nSMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dinyatakan diterima.\r\nKata kunci: Metode drill, mengetik, kecepatan."^^ . "2015-06-23" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Pambudi"^^ . "Safetyo"^^ . "Pambudi Safetyo"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Safetyo Pambudi 08520241009.pdf"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI\r\nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK\r\nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21201 \n\nUPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI \nDENGAN METODE DRILL PADA SISWA SISWI KELAS X SMK \nMUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Informasi"@en . .