eprintid: 21122 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1261 dir: disk0/00/02/11/22 datestamp: 2015-06-22 07:35:33 lastmod: 2019-01-29 23:51:41 status_changed: 2015-06-22 07:35:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M. Fatih, Annafi' creators_id: welltrap@live.com corp_creators: Pendidikan Teknik Mekatronika title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KERJA BENGKEL ELEKTRONIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA DI SMK KI AGENG PEMANAHAN BANTUL ispublished: submitted subjects: G9 subjects: telka divisions: ft_jurdik_elko_pend_mekatronika full_text_status: public abstract: Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan Modul Pembelajaran Kerja Bengkel Elektronika berbasis Problem Solving di SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul, (2) menghasilkan Modul Pembelajaran Kerja Bengkel Elektronika berbasis Problem Solving untuk proses pembelajaran di SMK yang sesuai dengan standar kompetensi, dan (3) menguji fisibilitas Modul Pembelajaran Kerja Bengkel Elektronika berbasis Problem Solving bagi siswa kelas X SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk modul pembelajaran Kerja Bengkel Elektronika dengan pendekatan model pengembangan Borg & Gall yang diringkas oleh Anik Ghufron. Model ini memiliki empat tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, uji coba lapangan dan diseminasi. Modul pembelajaran divalidasi oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, kemudian diuji cobakan pada 9 siswa kelas XI dan 25 siswa kelas X Kompetensi Teknik Mekatronika. Data dikumpulkan dengan angket skala empat dan lembar observasi. Pengkategorian hasil data fisibilitas modul pembelajaran dalam 4 kategori yaitu sangat layak, layak, kurang layak dan tidak layak. Analisis data secara analisis deskriptif. Modul pembelajaran secara keseluruhan layak sebagai bahan ajar yang ditunjukkan oleh hasil validasi modul oleh ahli materi, dinyatakan sangat layak dengan persentase rata-rata 81, 5%. Validasi modul oleh ahli media, dinyatakan layak dengan persentase rata-rata 74%. Berdasarkan analisis data hasil uji coba lapangan awal dan utama pada siswa untuk media, modul dinyatakan sangat layak dengan presentase rata-rata 83, 75%. Hasil uji coba lapangan operasional pada siswa untuk penyajian materi, media/tampilan, pembelajaran dengan modul dan manfaat, modul dinyatakan sangat layak dengan persentase rata-rata 83%. Kata kunci: pengembangan modul pembelajaran, kerja bengkel elektronika, dan problem solving. date: 2015-06-22 date_type: submitted institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: M. Fatih, Annafi' (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KERJA BENGKEL ELEKTRONIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA DI SMK KI AGENG PEMANAHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/21122/1/M%20Fatih%20Annafi.pdf