%0 Thesis %9 S1 %A Mahanani, Siwi %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2013 %F UNY:20967 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K keefektifan, strategi SCAIT, membaca pemahaman %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI SCAIT (SELECT, COMPLETE, ACCEPT, INFER, AND THINK) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 WATES KABUPATEN KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/20967/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wates yang mengikuti pembelajaran membaca menggunakan strategi SCAIT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca tanpa menggunakan strategi SCAIT, dan (2) pembelajaran membaca pemahaman yang menggunakan strategi SCAIT lebih efektif dibandingkan pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi SCAIT di kelas VIII SMP Negeri 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi SCAIT dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wates sebanyak 129 siswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas dengan pembagian 1 kelas sebagai kelompok kontrol yaitu kelas VIIIC dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas VIIIA. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yaitu penyampelan secara acak berdasarkan klaster. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes membaca pemahaman berdasarkan taksonomi Barret. Validitas yang digunakan adalah validitas butir yang dibantu dengan program Iteman. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh (46 butir) soal valid dan soal yang digunakan (40 butir) valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0, 866. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum diadakan analisis data dengan teknik uji-t terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogen varian. Hasil perhitungan data pretest dan posttest kedua kelompok normal dan homogen. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,049 dengan db 61 dan p sebesar 0,045. Nilai thitung lebih besar dari ttabel pada db 61 dan taraf signifikansi 5% (2,049>1,994). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wates yang mengikuti pembelajaran membaca menggunakan strategi SCAIT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca tanpa menggunakan strategi SCAIT. Setelah dilakukan uji-t pretest posttest masing-masing kelompok, terlihat bahwa th kelompok eksperimen lebih besar dari ttabel pada db 31 (9,080 > 6,702). Hal ini menunjukkan bahwa strategi SCAIT (Select, Complete, Accept, Infer, and Think) efektif digunakan dalam pembelajaran pemahaman siswa kelas VIII SMPN 2 Wates Kabupaten Kulon Progo.