eprintid: 20966 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/02/09/66 datestamp: 2015-06-18 06:43:20 lastmod: 2019-01-29 23:46:39 status_changed: 2015-06-18 06:43:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anisarahayu, Siti title: KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE-ENTRY JOURNALS (JURNAL DUA KOLOM) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public keywords: strategi doble entry journals (jurnal dua kolom), menulis argumentasi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan menulis argumentasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom), dan (2) membuktikan keefektifan penggunaan strategi double entry journals (jurnal dua kolom) dalam pembelajaran keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi (eksperimen semu). Variabel bebas berupa strategi double-entry journals (jurnal dua kolom) dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis argumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan 204 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan sampel secara random dilakukan dengan mengundi semua kelas X. Berdasarkan pengundian, siswa kelas X-A SMAN 8 Yogyakarta ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-B SMAN 8 Yogyakarta ditetapkan sebagai kelas kontrol. Dengan demikian, jumlah siswa dari kedua kelas ini adalah 68 siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (content validity) dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,692 sehingga dinyatakan reliabel karena lebih besar dari 0,6. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 13.0. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis argumentasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom). Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor pascates keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,610 pada signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05); 2) strategi double entry journals (jurnal dua kolom) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t prates dan pascates keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 9,431 pada signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05). date: 2013-06-21 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Anisarahayu, Siti (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE-ENTRY JOURNALS (JURNAL DUA KOLOM) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/20966/1/Siti%20Anisarahayu%2008201241010.pdf