%0 Thesis %9 S1 %A Nurhidayah %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2013 %F UNY:20962 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K tabel informasi, keterampilan menulis eksposisi %T KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TABEL INFORMASI (INFORMATION CHARTS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III %U http://eprints.uny.ac.id/20962/ %X Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis eksposisi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi tabel informasi dan kelompok yang diberi pembelajaran menulis eksposisi tanpa menggunakan strategi tabel informasi, dan (2) keefektifan strategi tabel informasi dalam pembelajaran keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretestposttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan strategi tabel informasi dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Yogyakarta III dengan jumlah 205 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas XC sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis karangan eksposisi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t sampel bebas menunjukkan bahwa t`hitung (th) sebesar 3,923 dengan db 50 dan diperoleh nilai p sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 0,05 (5%). Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (p: 0,000 < 0,05). Hasil perhitungan uji-t sampel berhubungan diperoleh nilai t`hitung (th) adalah 7,840 dengan db 25 diperoleh nilai p sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 0,05 (5%). Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (p: 0,000 < 0,05). Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah ada perbedaan keterampilan menulis eksposisi yang signifikan antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi tabel informasi dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan strategi tabel informasi. Kesimpulan kedua yaitu pembelajaran keterampilan menulis eksposisi dengan menggunakan strategi tabel informasi lebih efektif daripada pembelajaran menulis eksposisi tanpa menggunakan strategi tabel informasi.