%0 Thesis %9 S2 %A Sarea, Muh syahrul %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:20961 %I UNY %K kualitas instrumen, teori respon butir, teori tes klasik, analisis teoritis %T Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Kimia SMA di Kabupaten Gowa %U http://eprints.uny.ac.id/20961/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal UAS Kimia XII SMA di Kabupaten Gowa berdasarkan: (1) hasil analisis teoritis butir soal oleh ahli, (2) hasil analisis empiris dengan pendekatan teori tes klasik, dan (3) hasil analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis dokumen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ujian akhir semester gasal mata pelajaran kimia kelas XII tingkat SMA tahun pelajaran 2014/2015 di Kabupaten Gowa. Objek penelitian ini adalah perangkat soal dan seluruh lembar jawaban ujian akhir semester yang diperoleh dari empat sekolah di Kabupaten Gowa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara teoritis dan analisis secara empiris. Analisis teoritis digunakan untuk menganalisis butir soal berdasarkan telaah ahli yang dilakukan oleh enam penelaah berdasarkan aspek materi, konstruk, dan bahasa. Analisis empiris digunakan untuk mengetahui kualitas butir soal berdasarkan pendekatan teori tes klasik dan teori respon butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal UAS kimia: (1) di SMAN 2 Sungguminasa berdasarkan analisis teoritis 80% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teorites klasik 5% memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir 24,13% memiliki kualitas baik; (2) di SMAN 1 Bontomarannu berdasarkan analisis teoritis 60% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teorites klasik 60% memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teorirespon butir 9,52% memiliki kualitas baik; (3) di SMAN 1 Bontonompo berdasarkan analisis teoritis 100% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teorites klasik 32,5 % memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir 31,81% memiliki kualitas baik; (4) di SMAN 3 Sungguminasa berdasarkan analisis teoritis 75% memiliki kualitas baik, berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori tes klasik 55% memiliki kualitas baik, dan berdasarkan analisis empiris dengan pendekatan teori respon butir 7,14% memiliki kualitas baik