TY - THES ID - UNY20951 PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2013/05/13/ TI - KEEFEKTIFAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUSDALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN KW - siklus KW - menulis narasi KW - SMA AV - public M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/20951/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan kemampuan menulis narasi sugestif antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaranmenggunakan strategi pembelajaran siklus dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi pembelajaran siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran siklus dalam pembelajaran menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean. Desain penelitian menggunakan pretest dan posttest dengan kelompok kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran siklus dan variabel terikat, yaituketerampilanmenulis narasi sugestif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean dengan jumlah 160 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas, 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes menulis karangan narasi sugestif. Instrumen yang digunakan adalah tes esai menulis karangan narasi sugestif. Uji reliabilitas instrumen dengan bantuan program komputer menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0.744. Teknik analisis data menggunakan uji-tdengan bantuan program komputer SPSS seri 17.0,untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikanantara penguasaan keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean menggunakan strategi pembelajaran siklus dengan penguasaan keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean menggunakan metode konvensional. Melalui hasil uji-t yang dilakukan pada skor pretest-posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, hasil perbandingan keterampilan menulis narasi sugestif kelompok eksperimen ditunjukkan oleh p sebesar 0.000<0.05=signifikan, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh p sebesar 0.067> 0.05=tidak signifikan. Dari hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh th sebesar 8.672, rata-rata posttest eksperimen sebesar 80.59 sedangkan posttest kontrol sebesar 73.47 dengan selisih sebesar 7.125. Strategi pembelajaran siklus terbukti lebih efektif dalam pembelajaran menulis narasi sugestif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean dibandingkan dengan metode konvensional. A1 - Permana, Herlin Arwita ER -