%A Harda Yunindasari %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu (1) materi pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta, (2) metode pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta, dan (3) evaluasi pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta yang mencakup materi, metode, dan evaluasi pembelajaran menulis. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan berpartisipasi, wawancara secara mendalam, dan analisis dokumen. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi kualitatif, dengan tahapan perbandingan antardata, kategorisasi, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, materi pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII sesuai dengan pedoman silabus semester genap dan RPP yang terdiri dari tiga KD, yaitu (1) KD menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer, (2) KD menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas, dan (3) KD menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif. Sumber materi yang digunakan antara lain buku teks Bahasa Indonesia untuk kelas VIII karya Dawud, dkk., buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia karya Nurhadi, dkk., buku sekolah elektronik, dan sumber belajar yang lain. Kedua, metode pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII yang digunakan oleh guru adalah kombinasi antara metode ceramah, inkuiri, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Pelaksanaan metode pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru. Ketiga, evaluasi pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Bentuk instrumen berupa soal uraian sesuai dengan yang tertulis dalam RPP. Hasil evaluasi yang diperoleh siswa semuanya mencapai ketuntasan. %K pembelajaran, menulis, SMP %L UNY20950 %D 2013 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS VIII SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA