TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/20949/ KW - two stay two stray KW - menyimak berita KW - SMP Y1 - 2013/07/09/ PB - u A1 - Rozaki, Firmanika ID - UNY20949 TI - KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGAGLIK SLEMAN M1 - skripsi AV - public N2 - Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan yang pertama untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak berita antara kelompok siswa yang mendapat pembelajaran menyimak berita dengan model Two Stay Two Stray dan kelompok siswa yang mendapat pembelajaran menyimak berita tanpa model Two Stay Two Stray. Tujuan yang kedua untuk menguji keefektifan penggunaan model Two Stay Two Stray terhadap kemampuan menyimak berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIIA-VIIID. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling dengan cara pengundian. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan bahwa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan menyimak berita. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk dan validitas isi. Penghitungan validitas dan reliabilitias instrumen menggunakan program iteman. Hasil pengujian prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,736>1,9939) dan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05 (0.000<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menyimak berita antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik. Berdasarkan hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kemampuan menyimak berita kelompok eksperimen diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (5,824>2,0301) dan nilai p lebih kecil daripada taraf signifikansi sebesar 0,05 (0,000<0,05) sedangkan hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kemampuan menyimak berita kelompok kontrol diperoleh nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0,925<2,0281) dan nilai p lebih besar daripada taraf signifikansi sebesar 0,05 (0,361>0,05). Hal tersebut menunjukkan model Two Stay Two Stray lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak dibandingkan dengan pembelajaran menyimak tanpa model Two Stay Two Stray. ER -