%T KEEFEKTIFAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEYEGAN SLEMAN %D 2013 %I Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY20899 %A Erma Widyaninggar %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis kreatif puisi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan metode suggestopedia dan siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan metode suggestopedia. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode suggestopedia dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII SMPN 1 Seyegan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The Randomized Pretest – Posttest Group Design. Variabel penelitian yaitu variabel bebas berupa metode suggestopedia dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis kreatif puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIID. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dan ditetapkan kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIID sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes essay. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach dengan alpha 0,732. Validitas isi dengan expert judgement. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis kreatif puisi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan metode suggestopedia dan siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan metode suggestopedia. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil perhitungan uji-t diperoleh df 62, nilai p=0,040 < 0,05. Pembelajaran menulis kreatif puisi lebih efektif menggunakan metode suggestopedia daripada pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan metode suggestopedia. Hal ini ditunjukkan oleh skor rerata pretest eksperimen 19,78, dan skor rerata posttest eksperimen 22,28, yang berarti terjadi peningkatan sebesar 2,5. Skor rerata pretest kontrol 18,91 dan skor rerata posttest kontrol 20,91, yang berarti terjadi peningkatan sebesar 2. Selisih peningkatan skor rata-rata kedua kelompok sebesar 0,50. %K keefektifan, metode suggestopedia, pembelajaran menulis kreatif puisi