%I U N Y %D 2015 %T PERANAN PRESTASI BELAJAR DAN PENGETAHUAN TENTANG DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI JURUSAN BANGUNAN DI KABUPATEN SLEMAN %X PERANAN PRESTASI BELAJAR DAN PENGETAHUAN TENTANG DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI JURUSAN BANGUNAN DI KABUPATEN SLEMAN Oleh : Nunung Nurhaniah NIM. 09505241003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi kesiapan kerja, prestasi belajar, dan pengetahuan tentang dunia kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman; (2) peranan prestasi belajar (X1) dan pengetahuan tentang dunia kerja (X2) terhadap kesiapan kerja (Y) siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman, yang meliputi SMKN 1 Seyegan dan SMKN 2 Depok. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 siswa, penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Krecjie- Morgan dengan mengambil tingkat kesalahan (α) sebesar 5%. Untuk pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi ganda dengan program bantu Statistic Package for Sosial Science (SPSS) versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 83,61. (2) Prestasi belajar siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 80,84. (3) Pengetahuan tentang dunia kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 87,95. (4) Prestasi belajar memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman dengan taraf signifikansi sebesar 0,042 (>0,05), nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,059 > 1,980), dan memiliki sumbangan efektif sebesar 2,2%. (5) Pengetahuan tentang dunia kerja memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,404 > 1,980), dan memiliki sumbangan efektif sebesar 38,2%. (6) Prestasi belajar dan pengetahuan tentang dunia kerja memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (37,255 > 3,083), dan memiliki sumbangan bersama-sama sebesar 40,4%. Kata kunci : Kesiapan kerja, Prestasi belajar, Pengetahuan, Siswa SMK %A Nurhaniah Nunung %L UNY20896