<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN"^^ . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN\r\nOleh:\r\nMonika Fadjar Tri Nurdiani\r\nNIM 10513241036\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan\r\nkompetensi membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana di MAN Godean, 2)\r\npeningkatan kompetensi membuat pola blus pada mata pelajaran KHM busana\r\npada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team\r\nAchievement Division) .\r\nPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian\r\nmodel Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di MAN Godean, Sleman\r\ndengan subjek penelitian adalah 10 siswa pada kelas X 1 KHM Busana. Metode\r\npengumpulan data menggunakan lembar penilaian sikap, lembar pelaksanaan\r\npembelajaran, lembar unjuk kerja dan tes uraian. Uji validitas berdasarkan\r\npendapat dari para ahli (judgement expert),seperti ahli model pembelajaran, ahli\r\nmateri dan guru KHM Busana. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha\r\ncronbach’s dengan nilai 0.852 untuk lembar penilaian sikap, 0.831 untuk\r\npenilaian unjuk kerja dan 0.635 untuk tes uraian. Teknik analisis data yang\r\ndigunakan dalam adalah analisis deskriptif.\r\nHasil penelitian menunjukan : 1) penerapan model pembelajaran STAD\r\n(Student Team Achievement Division) pada materi membuat pola blus\r\ndilaksanakan 2 siklus. Pembelajaran ini diawali dengan kegiatan pendahuluan.\r\nPada kegiatan inti terdiri dari tahapan penyajian materi, tahap kerja kelompok,\r\ntahap tes individu. Kegiatan penutup yaitu penghitungan skor individu, evaluasi\r\ndan pemberian penghargaan kepada kelompok dengan nilai tertinggi. Perbaikan\r\ndilakukan pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran membuat pola blus\r\npada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. 2) kompetensi siswa meningkat\r\ndengan signifikan, pada pra siklus hanya 10% atau 1 siswa yang sudah\r\nmemenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama kompetensi siswa\r\nmeningkat menjadi 60% atau 6 siswa yang sudah memenuhi KKM, dan setelah\r\ntindakan pada siklus kedua kompetensi siswa 100% atau seluruh siswa sudah\r\nmemenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model\r\nkooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan\r\nkompetensi membuat pola blus mata pelajaran KHM busana kelas X di MAN\r\ngodean.\r\nKata Kunci : kompetensi, membuat pola blus, kooperatif tipe STAD (Student\r\nTeam Achievement Division)"^^ . "2015-06-17" . . . "U N Y"^^ . . . "Fakultas Teknik, U N Y"^^ . . . . . . . . . "Fadjar Tri Nurdiani"^^ . "Monika"^^ . "Fadjar Tri Nurdiani Monika"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN (Text)"^^ . . . "monika Fajar Tri Nurdiani-10513241036.pdf"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK\r\nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA\r\nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA\r\nKELAS X DI MAN GODEAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20800 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD \n(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK \nMENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA \nBLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA \nKELAS X DI MAN GODEAN\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Boga dan Busana" . .